2 Jun 2016

digital marketing untuk pebisnis pemula

assalamualaikum guys

kali ini gw mau share ilmu baru yang gw dapetin di sebuah forum diskusi tentang internet marketing yang di share oleh mas iqbal hariadi yang sekarang sedang jadi content manager di kitabisa.com. menurut gw sih ini bermanfaat banget buat kalian yang mau jadi pebisnis tapi belum tau mulai dari mana.

jadi pertama gw mau sharing tentang digital marketing.

Di digital marketing atau marketing pada umumnya, sebenarnya barang apa aja bisa di jual. kadang orang yang mau mulai jualan/ bisnis suka mikir, kita jualan produk apa yaa. BINGUNG!



padahal tadi, sebenarnya semua barang bisa dijual. asal kita tau jual ke siapa dan bagaimana cara sampai ke mereka.

Gampangnya, kalo jualan jilbab bisa dapet banyak untung. ya jualannya harus ke target market yang tepat. kalo di tawarkan ke ibu-ibu berduit tapi tidak beragama islam, ya buat apa. ga bakal laku ke mereka. Nah bagian inilah digital marketing akan memperkuat bisnis kita agar bisa mendatangkan banyak pembeli.


pertama : channel di dunia digital itu banyak. ada facebook, twitter, instagram, bukalapak, tokopedia, website, blog, dll. masing-masing punya keunggulan dan behavior masing masing channel, kita akan bisa maksimalkan penjualan kita.


kedua: setelah melakukan riset channel2 yang bisa kita manfaatkan. hal terpenting selanjutnya adalah manfaat konten yang relevan dan berkualitas. ini juga harus di pelajari ya oleh teman teman yangingin sukses digital marketing. kadang-kadang kita suka merasa bikin konten yang bagus, padahal engga. atau paling sering kita bikin broadcast yang kita pikir akan orang baca (lalu tergerak mau beli), padahal engga. nah sebenernya konten ini sebenernya bisa banyak diakalin. contohnya, ini ilustrasi aja ya. misalnya saya mau jualan kurma. saya bisa aja bikin konten yang berbungi seperti ini "kurma sangatlah sehat untuk tubuh, bla bla bla, yuk beli". tapi sebenernya bisa juga dibuat agak terbalik dikit, kita tanya kira-kira konten apa yang akan di "makan" oleh target market, katakan ibu-ibu yang punya gaya hidup sehat. kita bisa bikin konten foto dian sastro dan bilang "Dian sastro, ibu dua anak yang tetap sehat sehat dan cantik. salah satu yang di jaga adalah mengurangi mengkonsumsi gula... dan ternyata bisa diganti dengan kurma" kira-kira seperti itu ilustrasinya :D

inti dari digital marketing sih dua itu aja. bikin konten yang bagus dan tahu distribusi ke channel yang tepat. konten + Distribusi = Sales yang maknyus


mungkin temen temen masih banyak pertanyaan yang masih membingungkan di pikiran temen-temen. dsni gw bakal menampung pertanyaan-pertanyaan yang mungkin kalian bingunglan.


Pertama: bagaimana sih bisa mendapat pelanggan yang tepat sasaran dalam berjualan online untuk kalian yang masih pemula dan bener-bener dari nol?
jawabannya: RISET. cari tahu dulu target market kita kira-kira siapa, kemudian di chanel behaviornya seperti apa. saya kasih contoh untuk facebook. di facebook enak banget, kita bisa tahu profile target market dengan detil: gender,umur, lokasi, dan preferensi berdasarkan fanpage yang dia like.

nah misalkan kita mau jualan jilbab

kita tentukan target market:
1. Wanita
2. Umurnya dari 20-40. Kenapa dari 20? Karena asumsinya di bawah itu wanita yang mau beli jilbab, tapi ga punya duit. Jadi ga akan beli meskipun mau
3. Lokasi di jabodetabek karena asumsinya mereka yang udah ngerti dan biasa belanja online
4. Preferensi: kita bisa targetkan orang2 yang like fanpage ustadz yusuf mansur, aa gym, dll. karena asumsinya orang yang like akun tersebut adalah orang yang aware dengan kebutuhan jilbab

baru setelah punya target market, kita riset lagi, kira2 untuk orang2 dengan profil seperti itu, konten apa yang menarik untuk mereka. baru dibikin kontennya, dan ujungnya diarahkan untuk membeli



next yang kedua: 1.) jadi klo misal kita punya banyak group nih, utk konten yg mau disebar apa jg harus beda2 menyesuaikan karakter tiap groyp? 2.) Utk visualisasi, ada tips ga biar gambar atau foto kita terlihat menarik dan menggiurkan?
jawabannya: No 1. Iya, harus beda. Karena tiap grup pasti punya behaviour yang berbeda2, jadi harus beda. No 2. ada beberapa tips teknis
- kalo ga jago desain, gunakan tools online gratis seperti canva.com untuk desain yang bagus. Di sana udah tinggal klik klik aja dan ganti tulisan, ada banyak template yang keren dan siap pakai
- Sekarang lagi ramai konten yang bentuknya gambar dan di dalamnya ada tulisan. Itu sangat efektif untuk menarik perhatian orang



ketiga: ka, klo misalnya dalam 1 grup ada yg jual barang sejenis. Bgmn cara menariknya ka?
jawabannya: Harus punya perbedaan, nah salah satu tips yang paling banyak digunakan digital marketer sekarang adalah kumpulin fans dulu aja. Gampangnya kalo kita udah punya orang yang suka dengan konten kita, kita jualan apa aja pasti dibeli sama mereka. Nah kalo konteksnya untuk jualan, katakan kita jualan kurma. Mungkin untuk awal2, kita ga perlu terlalu jor2an jualan. Kita fokus aja dulu membuat konten yang menarik, misalnya kita selalu konsisten bikin komik2 lucu bertemakan korma. nanti karena lucu, makin lama makin banyak yang like dan engage dengan konten kita. Baru setelah mereka selalu nunggu2 konten kita, kita bisa lempar jualan dan pasti akan dibeli oleh mereka :) jadi untuk grup itu, coba aja konsisten kasih konten tertentu yang disukai oleh orang di grup itu, dan konten yang bisa bikin orang mengasosiasikannya dengan brand kita. Jadi nanti dia akan pilih untuk beli di kita

pertanyaan keempat: 🏻behaviour itu apa ka ?😁
jawabannya: perilaku orang di channel tertentu. karena di tiap channel berbeda2. Misal kalo di facebook, orang lebih suka konten yang ada gambarnya, suka komentar, dan suka share. kalo di instagram, orang hanya melihat2, tidak banyak komentar, dan tidak suka share tapi mention temannya di kolom komentar. kalo di twitter, orang udah jarang ngetwit, mereka hanya baca tweet dari influencer yang mereka follow, dst.

pertanyaan kelima: 🏻channel yang paling tepat buat pemula yg blm tau brand kita dmna ya jualannya? Apa ada tips2 cara memasarkannya supaya banyak yg liat konten kita?
saya mau kasih jawaban ril ya, ga bisa instan. Emang semua butuh proses, dan proses membangun fans itu harus dijalanin. Tapi untuk penjualan awal2, saya menyarankan untuk menggunakan channel yang udah rame, salah satunya ke bukalapak. Karena bentar lagi ramadhan, dan bukalapak akan ramai dan ikut mendorong promosi produk2 terkait ramadhan (salah satunya kurma), jualan di sana akan jadi quick win untuk dapetin sales yang banyak. Bikin lapak di bukalapak, abis itu kalo masih 0, coba bikin akun baru yang beli produk sendiri (karena di bukalapak rating penjual sanga berpengaruh), dan bisa juga modal sedikit dengan beli paket push agar ketika orang mencari kata "kurma" di bukalapak, lapak kita muncul paling atas :)


oke next pertanyaan ke-enam: utk waktu ngiklan di group wa/bbm apa ada jam2 tertentu yg kemungkinannya banyak orang liat? Juga utk posting di fb atau ig, ada jam2 'efektif' kah?
jawaban: Kalo grup wa/bbm saya kurang tau karena jarang pake untuk jualan. Kalo untuk facebook ada 3 jam efektif. 8-9 pagi saat orang berangkat kerja, 12-1 siang saat orang lunch dan istirahat, 5-6 sore saat orang pulang, 8-9 saat orang mau tidur. tapi yang jam terakhir umumnya kurang konversi jadi sales karena kalo malem orang males mikirin harus transfer dll. tapi tetap harus diriset lagi bergantung produknya


pertanyaan ke-tujuh: 🏻pengen tau tools2 buat belajar dan eksekusi digital marketing. Seperti web tempat belajar, ebook, komunitas, dll, yg free
- http://www.fanspage-id.com/ ini untuk belajar digital marketing 
- http://www.dewaekaprayoga.com/category/copywriting/  belajar copywriting
- http://startupbisnis.com/  belajar mindset bisnis
atau teman2 juga bisa explore keyword "copywriting", "digital marketing", "facebook marketing" di slideshare.net atau di youtube. Ada banyak banget. coba dipelajari aja di masing2 website itu, nanti di dalam artikel2 nya biasanya mereka akan kasih lagi link website rujukan mereka. seru kok belajarnya, tapi emang perlu tekun :)



pertanyaan terakhir: 🏻ada tools desain logo yg bagus dan fre?
jawaban:  Bisa cek source nya di flaticon.com 




jadi intinya, sebenarnya digital marketing itu akan sangat membantu memperluas dampak dari jualan yang kita provide Kuncinya di dua hal tadi konten + distribusi Kalo kita bisa bikin konten yang berkualitas & relevan, lalu bisa mendistribusikannya ke channel yang tepat, insya allah penjualan akan semakin mantabs Nah tapi yang tidak boleh dilupakan, digital marketing itu new field ada banyak hal yang harus dipelajari dan tidak bisa instan banyak belajar via website2 yang tadi saya kasih, praktekkan, berani take risk, insya allah bisa growth

nah itu tadi sharing yang gw dapet dari belajar digital marketing. karena menurut gw ini berguna banget jadi gw share ke kalian juga. semoga bisa berguna juga untuk kalian :)

terimakasih semuanya sudah menyempatkan baca blog gw. maaf kalo tulisannya masih berantakan. semoga berguna :) 

wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar